Penyakit Struk/Stroke: Penjelasan melalui gambar [NHK Documentary]

Ini janji saya untuk membuat posting blog tentang video dokumenter dari seri ‘the origin of disease’ yang dibuat oleh NHK. Kesan saya setelah menonton video ini, sangat-sangat memudahkan penonton untuk memahami secara singkat asal muasal penyakit stoke, bahkan mudah dimengerti oleh orang awam karena disertai banyak ilustrasi gambar (inilah khasnya video-video dokumenter yang dibuat orang Jepang, penuh dengan imajinasi visual).

Saya, sebagai lulusan dari program studi analis kesehatan/medical laboratory sciences , yang ketika kuliah dapat materi hematologi (ilmu tentang darah)  dan juga kimia klinik masing-masing tiga seri: I-II-III dalam tiga rangkaian semester, lebih mudah untuk mencerna materi yang ada di video ini. Dalam posting ini saya merangkum dari keseluruhan poin dengan interpretasi saya sendiri, jika ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan dan dierbaiki ya😀

PERHATIAN

Seluruh gambar adalah hak cipta milik NHK World Japan, jangan menghapus logo NHK World di bagian atasnya jiga ingin menggunakannya kembali.

All copyright by NHK World Japan, do not repost without  NHK World logo.

 

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-24-35]

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-25-21]

Pertama…. secara singkatnya, stroke itu disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah di otak, atau suplai darah menuju otak terganggu. Pembuluh darah bisa rusak karena pecah atau tersumbat, sepeti gambar dibawah:

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-26-02]

liat kan hasil scan pembuluh darah otak (istilahnya kedokterannya apa ya?) . Sebelah kanan jelas tidak normal, dari penjelasan video, itu ada penyumbatan, istilahnya microaneurysm. Kalau suplai darah ke otak macet, bakal parah banget deh efeknya. Tau sendiri kan fungsi otak apa aja, bahkan sering lihat kalau yang kena ‘setruk’, ada yang bibirnya miring, bicara ga jelas, jari menyon-menyon ga bisa gerak, ga bisa jalan dsb. Itu karena kerja otak yang sudah terganggu.

Pembuluh darah di otak itu katanya kalau disambung secara keseluruhan, bisa sampai 600km panjangnya, menggambarkan betapa dahsyat menbahanya fungsi otak manusia kan? berikut ilustrasinya (yang merah ini adalah seluruhnya pembuluh darah, hingga ke bagian terkecil)

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-24-06]

coba tebak gambar di bawah…ini lagi bedah otak lho.. mantep kan, itu yang hitam-hitam adalah gumpalan darah (penyebab tersumbatnya pembuluh darah). Kebayang kan yang begitu mampet di otak, jangan sampe deh

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-21-21]

 

Lalu kenapa pembuluh darah di otak mudah rusak? ternyata dari berbagai penelitan, disambungkan dengan evolusi makhluk hidup, ada perbedaan tebalnya dinding pembuluh darah pada tubuh dan otak antar kelas makhluk hidup:

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-27-04]

Hanya pada mamalia yang mengalami penebalan dinding pembuluh darah pada tubuh, penyebabnya dalah aktifitas fisik pada mamalia jauh lebih banyak, serta organ-organnya lebih kompleks dan lebih lengkap dibandingkan reptilia dan pisces. Tapi untuk otak, sama-sama tetap segitu-segitu aja, alias masih tipis… otaknya ga dipake gitu? hahahha

Selain gampang jebol, bisa juga gara-gara tersumbat alias mampet. Kalau yang mampet ini, katanya bukan di daerah otaknya, tapi di sekitar leher. Lihat panah di gambar kiri atas, pembuluh yang tersumbat diwarnai hitam, yang berefek ke hampir sebagian otak. Kebayang efeknya?? Terus ada gambar waktu ngebedahnya (suka banget nih, keren bukan main bisa intip yang beginian, terimakasih NHK, terharu saya), lihat kan ada bagian yang kuning-kuning? Itu adalah lemak, yaaa LEMAK, pas saya nonton merinding banget liat ni lemak dianbil, rasanya pengen korek2 itu pembuluh sampe bersih, disikat pake pembersih piring sekalian deh. Ada animasinya juga bagaimana penyumabatan terjadi, sama kaya di pembuluh darah jantung sih, intinya…. waspada akan makanan berlemak tak seimbang!

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-37-04]

 

 

 

THE PATH OF STROKE

THE PATH OF STROKE

Dari poin-poin the path of stroke di atas, mari saya jelaskan beberapa secara singkat padat:

1. Otak yang membesar

Ini hasil penelitian-penelitian para ahli berbagai ilmu, termasuk para antropolog. Mereka berkata bahwa kapasitas/volume otak manusia zama sekarang sangat berbeda dengan zaman purba. Karena perubahan perilaku, cara hidup, adaptasi yang sekian juta tahun lamanya, membuat cara berpikir manusia menjadi lebih kompleks dan rumit, sehingga ukuran dan volumenya bertambah besar. Hal ini menyebabkan pembuluh darah pada otak manusia sekarang semakin rentan ‘rusak’ karena berbagai hal, dan  daya jangkau pembuluh darah yang semakin jauh dan  ukurannya yang semakin kecil (bahkan ada katanya yang ukuran 0,2 um). Tetntunya, semakin kecil pembuluh, maka salurannya harus benar-benar lancar kan ya… kalau mampet? wassalam~

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-24-50]

2. Stres

“Setress lu!!” pasti sering bilang gitu kan… bahaya banget stres tuh, jangan anggap enteng, akumulasinya bisa berefek ke seluruh tubuh. Salah satunya adalah tekanan darah yang menjadi lebih cepat, alias darah tinggi. Jadi ga heran kan, kalau orang yang marah-marah itu disebutnya di darah tinggi? heheh. Kalau aliran darah terlalu tinggi, dinding pembuluh darah bisa rusak karena ya itu tadi, tekanannya tinggi, bisa jebol deh, wassalam lagi~ Makanya mulai sekarang kurangi marah-marah dan kontrol emosi ya.

Nah, ada penelitiannya nih dari Inggris sama Jepang, mereka sampe blusukan ke Afrika, tepatnya Afrika tengah, suku Pygmy. Mereka ini hebat, punya tekanan darah yang rata-rata normal, bahkan kakek-kakeknya pun masih oke.. Katanya sih, mereka masih mempertahankan genetik nenek moyang kita yang ga punya penyakit darting. Ini dia gambarnya: (btw, jawaban dari teks dibawah: mereka ga tau sama sekali tentang stroke!)

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-34-07]

Terlihat sekali kan dari grafik, bahkan dibanding orang Jepang yang katanya punya usia harapan hidup tertinggi di dunia, tapi soal tekanan darah, kalah diabnding suku pygmy ini. Tapi di video ini tidak disebutkan apakah berlaku untuk suku pygmy di belahan bumi lainnya (bahkan di Papua juga termasuk pygmy juga).

3. Garam

Ini nih yang paling wow, susah bener dikontrolnya, apalagi buat orang Indonesia yang seneng makanan gurih-gurih mak nyoss.. Diklaim sebagai salah satu penyebab utama stroke, gara-gara ditambahin di hampir segala makanan. Saya kurang tahu ya intake/masukan harian maksimal garam ke tubuh, seinget saya sih untuk dewasa itu maksinal setengah sendok makan, pokonya dikit banget deh. Padahal, tiap makanan yang kita makan pasti ada garamnya. Kalau ga percaya coba tengok kandungan nutrisi di bagian belakang kemasannya, ada Natrium, dari NaCl alias natrium klorida alias garam dapur. Jadi… tips nih, kalau jajan makanan berkuah gurih, minta ke mamangnya jangan kebanyakan garem. Emang sih kerasa kurang maknyos, tapi demi kesehatan kan? ga usah takut kekurangan natrium pokonya deh.

Kalau intake garam berlebih, seperti gambar dibawah, air dari luar pembuluh darah akan terserap untuk mengencerkan darah yang pekat kandungan garamnya. Jadinya si pembuluh darah melebar dan otomatis dindingnya makin tipis, begitu katanya…tau kan makin tipis berarti makin gampang jebolnya?

Nhk Documentary 2013-03-09 08-10 STROKE[20-35-57]itu saya masukin gambar gorilla dan gajah ada maksudnya, mereka kan tinggal di Afrika, daerah savana, sumber garamnya terbatas ga kaya yang tinggal deket laut. Jadinya, mereka menjilat-jilat batu karena disitu ada sedikit kristal garam yang terbentuk. Kasian banget ya? hahahha jangan sampe kalian harus ke Afrika dulu baru sadar akan hal ini

Kalau yang lain-lainnya, seperti merokok, suka mabok alkohol, kurang tidur, mungkin sudah cukup dikenal ya sebagai penyebab stroke?

Pesan dari saya:

Sayangilah orang tua, keluarga, sahabat, kekasih, dan semuanya dari faktor-faktor pencetus stroke. Stroke tidak hanya menyerang orang tua saja, sudah banyak juga yang umur 30 an meninggal tiba-tiba karena stroke. Kontrol asumsi makanan menuruk saya punya efek besar, juga gaya hidup yang seimbang, jangan setres bisi gelo lah, ehh setruk weh

 

Sekian cerita saya, laporan hasil nonton lebih tepatnya, lega bisa nulis karena sungguh video dokumenter ini benar-benar ciamik keren sekali. Nanti ada yang seri penyakit JANTUNG nya, mau ditonton dulu😀

About feriyadiramen

An INTP long life learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: