[Review] Solusi Biar Gak Kena Biaya Transfer Beda Bank: Flip.id

Eh saya transfer aja uangnya, ada rekening man**ri gak?

Gak ada, adanya B*I sama B*A.


Sekilas percakapan mengenai transaksi perbankan yang sering terjadi antara dua pihak. Khususnya para generasi millenial yang semakin dekat dengan uang elektronik, baik itu bentuk ecash atau ewallet. Entah untuk belanja daring (online) atau sekedar hutang-menghutangi haha. Pasti males kalau kena biaya transfer beda bank, harus nambah Rp 6.500 yang terkesan kecil tapi tetap saja merubah nominal transaksi yang kita kehendaki. Maka dari itu hadirlah flip.id sebagai pihak ke tiga yang menjembatani transaksi transfer beda bank tersebut, flip.id.
Pertama lihat transaksi ini dari teman kantor. Beliau mentransfer dari rekeningnya di Bank Muamalat ke rekening Mandiri milik saya. Selang satu hari transaksi tersebut, saya membaca artikel di laman swa.co.id yang membahas flip. Ternyata didirikan oleh anak-anak muda alumni Universitas Indonesia. Latar belakang mereka mendirikan start-up ini pun sederhana, untuk menghindari biaya transfer antar bank.

Tak lama setelah membaca tulisan itu saya langsung registrasi di laman webnya. Ternyata setelah isi semua data diri, harus mengunjungi alfamart untuk proses aktivasi dengan biaya Rp 4.000. Saya coba di alfamart gunung batu raya (tinggal ngesot dari rumah), saya lihatkan layar registrasi lalu respon petugas kasir: “oh maaf A, jaringannya suka eror”. Padahal belum dicoba, tapi saya tak memaksa dia untuk mencoba, biarlah dia tenggelam dalam kesibukannya melayani pembeli. Beberapa hari setelahnya, kebetulan sedang ngider daerah setiabudhi, saya coba di alfamart pom bensin setiabudhi. Ketika saya bilang mau registrasi flip sambil memperlihatkan layar ponsel, dia tidak langsung nolak. Sambil buka aplikasi di komputer dan tanya-tanya teman petugas lain, akhirnya beres juga dan saya mendapat bukti registrasi.


Setelah itu saya langsung coba untuk transfer dari Mandiri ke BCA. Ternyata jam kerja flip sama seperti perbankan umumnya, Senin-Jumat 08:00-16:00, di luar jam itu akan masuk antrian proses. Dana pun akhirnya masuk hari Senin. Setiap melakukan aktivitas dan transaksi kita akan mendapatkan notifikasi lewat e-mail terdaftar. Mekanismenya adalah flip menjadi pihak ke tiga (penghubung), seperti toko online pada umumnya yang menghubungkan penjual dan pembeli. Jadi kita transfer dana ke rekening flip (bank yang sama dengan pengirim), lalu akan direview. Setelah transfer dikonfirmasi, akan diteruskan ke rekening penerima oleh flip. Bisa isi berita transfer juga.

Menurut saya layanan flip ini wajib dicoba karena betul-betul menolong orang yang sering transaksi beda bank. Namun harus diperhatikan untuk akun gratis total transaksi per hari adalah lima juta rupiah, kalau mau lebih silakan jadi member premium. Belum semua bank dapat dilayani flip, untuk lihat daftar banknya bisa langsung akses lamannya saja. Terima kasih flip telah menolong kami yang amat perhitungan dengan Rp 6.500 ini 😂


*tulisan ini murni pengalaman pribadi, bukan paid-post atau iklan pihak flip.

About feriyadiramen

tukang baca

Leave a Reply

