Teman Baru: Kobo Aura H2O

Berawal dari kisah tertinggalnya si Koboglo di jaring-jaring kursi pesawat (nama spesifiknya apa ya? yang tempat nyimpen kertas dan majalah itu), ditambah lambatnya proses pemberian informasi dari maskapai kepada konsumen, saya memutuskan untuk mencari ebook reader pengganti alias beli lagi yang baru. Agak sedikit jengkel karena pihak maskapai berjanji di e-mail bahwa akan menginfokan saya maksimal tiga hari kerja. Nah selama saya 8 hari 8 malam di Turki, belum ada balasan atau respon dari mereka bahwa barang saya ada dan diamankan. Sekitar satu minggu saya di Indonesia (sekitar 10-14 hari dari barang tertinggal), baru mendapat kabar bahwa barang sudah diamankan. Satu sisi bersyukur ketemu dan bakal balik, satu sisi agak jengkel kenapa responnya lambat untuk ukuran maskapai kece dari negara kaya di timur tengah. Ya sudah lah syukuri saja, Alhamdulillah 🙂

Kenapa saya maksa dan memutuskan untuk beli yang baru? Salah satu alasannya sudah dituliskan di atas (khawatir koboglo tidak kembali), harga ebook reader di Indonesia itu jauh lebih mahal, bisa sampai lebih mahal 1-1,5 juta dari harga di Jepang. Serta alasan lainnya yaitu: ingin mencoba layanan beli barang Jepang dan beli barang dari auction Yahoo Japan. Alasan yang aneh mungkin untuk sebagian orang hahahha tapi saya orangnya suka mencoba-coba hal baru, prinsip saya you’ll never know unless you try, don’t be scared. Sudah melauli analisis risiko sihhh, hahah dan saya menilai si pemberi jasa beli barang ini bisa dipercaya 🙂

Saya dapat kontak orangnya di sini, orang Indonesia pastinya, namanya danasan, lapak di kaskus. Langsung saya kontak lewat whatsapp, akhirnya deal untuk barang si Kobo Aura H2O. Harga di auction 10.480 yen, kurang lebih 1,2 jt rupiah. Saya lebihkan untuk bid/nawar di angka 10.800 yen, akhirnya transfer ke agan Dana 1,7 jt rupiah ke rekening mandiri beliau. Harga 1,7jt itu detailnya: 1,2 jt harga barang, 600 yen ongkir Tokyo – Fukuoka (lokasi seller di Tokyo), ongkir Fukuoka – Bandung 2.000 yen via EMS, fee Dana-san 500 yen (murah lah fee segini mah dibanding penyedia jasa beli barang jepang lainnya). Dia nge bid di angka yang sama persis dengan si seller buka, sampai akhir masa auction, ternyata cuma satu orang yg melakukan bid, iya saya aja (lewat Dana-san).

Barang dikirim dari Tokyo ke Fukuoka. Lanjut dari Fukuoka ke Bandung. Setelah dikirim pakai EMS, ternyata ada kelebihan dana dari tarif deal (deal di whatsapp) sebesar 118rb rupiah (langsung dikonversi dari yen) dan dia transfer hari itu juga. Jarang-jarang nih ada seller begini heheh..Berikut catatan ekspedisinya.

barang sebelum terjual (sisa 3 jam sebelum penutupan)

lumayan cepat nih hanya tujuh hari

Sebetulnya agak deg-degan karena ini barang elektronik, khawatir agak ribet di bea cukai nya. Tapi pas barang sudah ada di atas kasur, wuaahh rasanya bahagia. Hanya dikenakan pajak kepabeanan sebesar 20 ribu rupiah, ini dibayar langsung ke petugas pos yang mengantar, dibayarin mamah dulu karena beliau yang terima. Beberapa kali dapat kiriman barang dari luar negeri via EMS memang hanya 20 ribu pajaknya, syukurlah.

Langsung unboxing:

bungkusnya jauh lebih gede, lumayan lah

bersanding dengan di koboglo yang baru balik dari liburan panjangnya (lebih lama dari yang punya)

harga barang sesuai deal. Kelebihan ongkir sudah dikembalikan ke rekening

Sekian.

About feriyadiramen

tukang baca

10 comments

  1. Novriana

    Waaa paketnya udah nyampe dengan selamat ya Fer!
    Btw, itu pajak 20 ribu emang udah aturan resmi buat semua jenis apa tergantung harga barang Fer?

    Like

  2. Ih aku lagi ngeceng kobo iniiiii 😭😭😭😭😭😭 nyari di ecommerce indo iya agak mahal, jd pending mulu lololol

    Like

Leave a Reply

