Modem Huawei E8372

Awal tahun 2017 ini saya melakukan peningkatan kualitas jaringan internet, dari modem 3G ke 4G. Sempat mencari-cari si modem ke BEC namun hasilnya nihil, tidak ada yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan dan berdasarkan penuturan para pedagang bahwa ini barang sudah lama tidak keluar ke pasar. Tak berputus asa, akhirnya saya berlabuh di suatu toko online, sebut saja lajadut, mendapatkan si Huawei E8372 ini. Ternyata barangnya langsung didatangan dari dataran Tiongkok sana (semacam si pedagang Tiongkok ini buka lapak di lajadut). Satu hal yang keren, yaitu pengirimannya sangat cepat, jauh dari ekspektasi saya. Padahal di estimasi kedatangan disebutnya tanggal 20an Januari, tapi ini barang datang kurang lebih 2 hari setelah saya melakukan pembayaran.

Langsung lah saya melakukan buka kotak  alias unboxing. Saya tidak melakukan analisis atau reviu secara teknis, karena memang kurang mengerti haha. Dengan sistem kerja dan penggunaan yang persis seperti modem saya sebelumnya (si huawei 3G), tinggal atur kata kunci dan hubungkan, langsung ngacir si 4G nya. Emeizing. Saya bersyukur akhirnya berlabuh ke modem ini, karena sempat terbesit ingin pasang koneksi kabel saja. Dengan beralihnya saya ke koneksi 4G ini, pengeluaran untuk biaya internet bisa sangat ditekan hinga 75%. Kualitas dan kecepatan koneksi meningkat tapi pengeluaran malah turun, kece. Tapi tergantung operator apa yang dipakai, dan jangan lupa lebih baik pakai kartu ketengan beli di cici pulsa.

img_2218

Bahasanya entah kenapa Bahasa Rusia. Di dalam kotak ini hanya ada si modem saja sendirian, tanpa petunjuk apapun. Gak peduli, yang penting ngacir lancar jaya

img_2262

Sepertinya tulisan ‘ALTEL’ itu merujuk ke salah satu operator seluler di Rusia atau Tiongkok sana. Gak peduli, yang penting ini barang baru dan ngacir pakai semua kartu GSM 4G di Indonesia

About feriyadiramen

An INTP long life learner

4 comments

  1. punyaku mash 3G sepertinya harus mengikuti langkahmu ke 4G

    Like

  2. shira

    kk feriyadiramen ade mau bertanya. boleh tdk. maaf ade mau rencana maj lanjud analis S1. kampus analis yang di bandung berapa yaa?

    Like

Leave a Reply

