Sumbangan

Hari ini, setelah pulang dari resepsi nikahan sepasang teman satu kelas SMA (Selamat, Bangkit dan Ari, awet bobogohan ti jaman sakelas SMA), saya memutuskan untuk ikut nongkrong gaul di salah satu warung ngopi yang ada di jalan Purnawarman. Jarang-jarang sih saya ke tempat begitu hahah, sekalian reuni lah dengan teman-teman SMA.
Ketika asyik ngobrol, ke meja kita datang seorang pemuda yang mengaku orang Filipina. Awal pembicaran ia memperkenalkan diri dalam Bahasa Indonesia dan lalu bertanya “which university are you from?” Kita gak ada yang jawab, semua diem karena udah lulus (mahasiswa sih, tapi saya mahasiswa sarjana non reguler dan dua teman saya mahasiswa master haha) walau akhirnya ngaku udah pada kerja 😂. Dia menjelaskan bahwa ia adalah mahasiswa di UI jurusan Bahasa Indonesia, di Bandung sedang liburan, mengisi kegiatan dengan melakukan kegiatan sukarela mencari dana untuk kegiatan yayasan musik anak-anak disabilitas.

hmmmm…sudah kuduga.

Ia mengatasnamakan yayasan : http://ysaindonesia.org/contact-us/

laman nya sih betul ya. Sebagai bentuk sumbangan, kita ‘dipaksa’ membeli kue sus goreng kecil-kecil isi coklat satu toples seharga Rp 50.000. Sebelum beli, salah seorang teman saya sempat tanya-tanya karena alumni UI juga, interogasi kecil-kecilan. Saya pun komen “We don’t want to disclose our name on the giver list”, gak penting juga soalnya. Akhirnya kita beli lah satu toples aja, dengan sistem udunan/patungan masing-masing Rp 10.000. Komen saya pas kuenya pas dicobain “ini mah kue yang kiloan, gak enak hahah”.
Ini scam macam apa lagi ya… Memang ke setiap orang yang minta dengan cara begini saya gak percaya, terlebih ini modus sebagai mahasiswa asing. Dari logat sih kelihatan kalau dia bukan orang Indonesia. Tapi, caranya ini lebih smart karena targetnya anak-anak muda yang nongkrong di kafe-kafe dengan gaya pendekatan yang bagus. Gak tanggung pula matok harga minimal ngasih 50rb, dengan imbalan kueh yang gak enak haha.

Whatever their motives, hopefully the fund is used for the right deed. If it’s not, just take the money to the judgement afterlife 😁

About feriyadiramen

An INTP long life learner

Leave a Reply

