Mengajar

Tak terasa sudah sekitar 2,5 tahun bekerja sebagai staf (muda) produksi vaksin di BUMN yang ada di Jalan Pasteur Bandung (sebut saja Bio Farma). Dari awal masuk hingga sekarang, job description saya ya begitu, sampai sekarang ada tambahan lah mengerjakan dokumen-dokumen dan sederet sampingan lainnya. Tapi alhamdulillahnya, banyak sekali pengalaman yang menyegarkan saya dari siklus pekerjaan rutin, baik itu kegiatan internal di dalam kantor maupun kegiatan pribadi. Kali ini saya cerita tentang kegiatan pribadi di luar kantor, yaitu menjadi tutor di kegiatan English Club program studi D-IV Teknologi Lab Medik/Analis Kesehatan, Poltekkes Bandung (almamater tercinta😌).

Berawal dari absennya kakak Daud dari kegiatan ini (beliau tutor sebelumnya) karena akan pergi jauuuh untuk menuntut ilmu, akhirnya saya ditawarkan untuk berpatisipasi di kegiatan ini menggantikan beliau. Entah waktu itu tiba-tiba langsung meng-iya-kan saja, padahal saya tidak punya bakat atau jejak rekam banyak dalam hal berbicara di depan orang banyak, dalam bahasa Inggris pula. Apa mungkin karena sudah ‘agak’ jenuh dengan pekerjaan rutin, jadinya ketika ada tawaran kegiatan menarik langsung sabet aja haha. Lalu salah satu dosen saya dahulu di kampus, Bu Wiwin, pun menelepon saya. Sebagai kepala program studi D-IV TLM ini, beliau ingin ada nilai tambah untuk mahasiswanya, salah satunya dari program ini. Blablabla perbincangan dan penjelasan panjang via telepon pun dilakukan, akhirnya saya setuju dan siap untuk ‘mengajar’ secara sukarela (voluntary teaching ceritanya). Rekan saya yang turut terlibat, Kang Wimba, ikut juga dalam kegiatan ini.

***FYI, Kakak Daud dan Kakak Wimba ini pengurus blog mltunite.com lho, bisa diintip tulisan-tulisan cerdas mereka di sana 😁

Sempat bingung “mau bicara apa, ngapain, ngasih materi apa” , sampai konsultasi ke tutor sebelumnya (Kakak Daud) “What should I give?” dan berdiskusi juga dengan rekan sesama tutor (Kakak Wimba) tentang learning outcomes dan teaching method nya, pokonya persiapan jadi ‘dosen-dosenan’ sudah mantap. Jam kerja saya  dari pukul 07:00-16:00, jadwal kelas otomatis mengikuti jadwal saya, Jumat pukul 16:30-18:00. Akhirnya di pertemuan pertama masuk kelas, saya lakukan diskusi terbuka (open discussion/sharing) tentang keinginan dan harapan mereka dalam belajar Bahasa Inggris ditambah cerita-cerita suka duka kuliah di kampus babakan loa, gunung batu tercinta (ini topik yang tak akan lekang dimakan oleh waktu).

Kesan pertama… “semenyenangkan ini kah?” (kata hati seorang karyawan muda yang serasa mengulang masa perkuliahan regulernya 3 tahun lalu). Dari minggu ke minggu saya semakin menikmati prosesnya, apa ditambah serasa karena dapet tempat pelarian dari semua kegiatan kantor yaa haha. Di konten kegiatan, selain group discussion sebagai kegiatan utama, saya menyelipkan sesi lain. I inserted some extra session in the activity, like watching TED video and inviting alumni to talk in ‘alumni story’ session. Entah tiba-tiba muncul ide-ide untuk mengisi kegiatan padahal kalau waktu buat silabus agak lama mikirnya haha, tapi sengaja agar junior-junior saya tidak jenuh, mengingat kegiatannya sudah sangat sore bahkan magrib.

Beberapa kegiatan selain diskusi kelompok :

  • Menonton video TED, mungkin sudah banyak yang tahu ya, beragam topik yang dibicarakan oleh orang-orang inspiratif yang dipresentasikan secara menarik. Video nya bisa diunduh dengan mudah, jika video populer biasanya ted icondisediakan juga pilihan teks Bahasa Indonesia. But yeaah you have to start to drill your listening proficiency here, once you get the whole talk, it’s delightful.
  • Menonton dan memberi komentar/opini dari video-video dan tulisan, utamanya bersinggungan seputar topik biomedik/teknologi laboratorium medik.
  • Alumni story : mengundang alumni untuk menceritakan pengalaman mereka selama menjadi mahasiswa, pengalaman bekerja, sampai ke tips/kata-kata penyemangat (ala JKT48). Saya sendiri suka dengan kegiatan ini, gak tau pokonya seneng aja bisa ajak teman-teman alumni untuk bisa sharing denganeducation, graduate, graduation, student icon adik-adiknya. Karena zaman saya gak ada yang begini, jadi saya yang harus menjadikan kegiatan ini ‘ada’. Gak mau kalah dengan alumni-alumni kampus mentereng yang alumninya udah jadi orang-orang keren dan mau sharing pengalaman dengan adik-adik di almamaternya. Terima kasih saya ucapkan sudah mau meluangkan waktunya untuk kakak-kakak yang telah mengisi sesi ini: Nurul Q./nunun (2010), Nindita K./diceu (2010), Asep Resa/kang akew (2005), Hamzah A./kang njeh (2006), Restika A./teh reres (2007), dan Wimba W./kang wim (2007)

Di akhir masa perkuliahan pun saya memberi tugas mereka untuk buat suatu pagelaran musik/musical event, gak mau memberatkan dengan yang serius-serius (saya pun inginnya yang ringan-ringan saja haha). Hasilnya pecahh heboh, dari awal sampai akhir gak berhenti ketawa 😅 tambah mereka memberi kenang-kenangan foto saya yang dibingkai. Terima kasih teman-teman D-IV Cacingers, badabes 👍

Badabes!

Badabes!

Maybe this is called “what money can’t buy”. Voluntary work gives a sum of happiness.  This activity is truly a breakout from my routine, even give me a hint what I should do in the future. Furthermore, a few weeks after the last meeting (this week, particularly), I read some quotes from The Start-up of You book. A chapter titled “the networking” and its sub chapter “pursue breakout opportunities” have given me an enlighment and explanation that I had done the right thing. I’m still looking for what I do like most, what I should do most… Don’t want to waste my youth spring time. Closing words: “Writing and Teaching are the Way to Happiness”

About feriyadiramen

An INTP long life learner

Leave a Reply

