Rajin-rajinlah Membaca Buku

Dulu, ketika umur saya masih bisa dihitung jari, saya sangat suka baca buku-buku cerita (banyaknya produksi Mizan), komik, dan atlas peta dunia dengan segala tentang negara-negara di dunia 😄

Masuk usia remaja, mulai kenal ponsel dan makin rajin anteng main komputer, hobi baca buku mulai terkikis. Jadi anak kuliahan, makin menjadi-jadi internet maniaknya. Udah menganggap kalau baca itu lebih baik baca di internet saja, lebih banyak dan lengkap. Sekarang sudah kurang lebih dua tahun masuk ke duni kerja, dan sepertinya baru satu tahun terkahir sadar kalau karya tulis berupa buku itu berbeda nilai dan maknanya dengan artikel-artikel yang sebelumnya saya anggap lebih ‘worth’ untuk dibaca.

Terima kasih untuk artikel-artikel di blog Zenius.net , semakin membuat pikiran dan pandangan saya terbuka akan pentingnya membaca buku untuk seseorang, tapi bukan buku yang ecek-ecek tanpa makna dan efek membekas di cara berpikir seseorang. Di artikel blog yang saya baca, si penulis menyarankan buku-buku oke yang ia sarankan karena seolah termasuk bacaan wajib orang-orang keren ( baca smart ).
Ternyata beberapa buku terkenal genre sastra masuk di sana. Kebetulan saya pun pernah membaca artikel penelitian yang menyatakan kalau buku genre sastra/fiksi dapat melatih otak untuk menjadi lebih aktif. Salah satunya adalah karya-karya hasil Pak Pramoedya Ananta Toer. Sampai sekarang saya belum beres membaca buku beliau ‘Bumi Manusia’ , masih terhenti di bagian saat Minke ditangkap oleh polisi Belanda 😂. Beberapa judul buku novel-sejarah karya Pak Pram lainnya yang membuat saya penasaran adalah: Arus Balik, Panggil Aku Kartini Saja.

Sebenarnya dorongan untuk membaca buku novel itu muncul setelah saya membaca hasil riset sih haha karena memang saya sama sekali tidak tertarik dengan bau-bau cerita novel. Tapi setelah coba baca dikit, menarik juga, semakin memperluas kosakata/diksi saya biar lebih ahli berhiperbola haha asik…
Genre buku yang sebenarnya menarik dari dalam benak sanubari saya adalah genre self-development atau pengembangan diri, bau-bau psikologi sedikit lah. Uniknya, saya kurang tertarik dengan buku genre ini yang berbahasa Indonesia, lebih suka yang berbahasa Inggris. Bukan sok-sok an, karena sepengamatan saya, buku-buku self development/social/psycology itu lebih beragam dari luar Indonesia, bahkan beberapa judul populer dunia pun diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Sejauh ini saya baru baca buku hasil karya Malcolm Gladwell: Outliers dan Blink. Masih dalam proses membaca saat ini: So Good They Can’t Ignore You (Cal Port)

So Good They Can't Ignore You

So Good They Can’t Ignore You Why Skills Trump Passion in the Quest for Work You Love

Sayang saya belum bisa ber “sok-sokan” berkata puitis manis atau bijak nih untuk memberikan sugesti terbaik dalam mulai menyukai membaca buku. Pasti pada udah tau juga kalau indeks membaca membaca orang Indonesia itu termasuk rendah kan? Bahkan di antata negara Asean sekalipun. Ayo mulai sekarang kalian yang masih muda pun bisa, masih sangat bisa untuk mulai menyukai baca buku (seperti saya). Nahh pada punya ponsel pintar atau tab dan sejenisnya kan? Coba deh install aplikasi pdf reader (apapun) , atau lebih spesifiknya E-book reader. Kalau saya sih nyaman pakai Kobo karena di tiap E-book yang kita sedang baca akan otomatis terbuka di halaman kita terakhir baca, sekalipun aplikasinya sudah ditutup, ga repot harus menandai halaman/bookmark lah intinya.

Tautan yang kalian harus baca:

https://www.zenius.net/blog/2226/gak-suka-baca-buku-think-again

https://www.zenius.net/blog/54/referensibukugw

About feriyadiramen

An INTP long life learner

Leave a Reply

