Membawa Buku Teks Ilmu Laboratorium Kemana pun

Perkembangan teknologi seluler atau mobile sudah sangat maju. Rasanya sekarang punya ponsel pintar itu sudah biasa, meskipun penggunanya tidak sepintar yang ponsel harapkan 😅. Salah satu fiturnya adalah pdf reader atau pembaca file berformat pdf. Untuk para makhluk laboratorium, khususnya laboratorium klinik yang dihuni oleh para analis kesehatan (medical lab technologist, MLT) kalian harus bisa memanfaatkan ponsel pintar kalian. Apalagi untuk yang masih berstatus jomblo mahasiswa, ponsel pintar jadi andalan untuk mencari tugas dan membaca file-file presentasi dosen, iya tidak? 😄 Kalau hal yang saya sebutkan diatas rasanya sudah biasa ya? Bagaimana kalau baca buku teks / textbook di ponsel? Terbayang kan buku teks yang tebalnya bisa sampai 1.000 halaman, hurufnya kecil-kecil, beratnya kaya barbel, pake Bahasa Inggris pula! Jangan takut teman-teman, justru buku teks seperti itulah yang akan menolong kalian ketika mencari referensi untuk bukti-bukti ilmiah karya tulis kalian di akhir masa pendidikan nanti… 😀 Sedikit berbagi, saya adalah salah satu pengguna buku teks digital sejak tingkat dua DIII Analis Kesehatan (Poltekkes Bdg) yaa sekitar tahun 2010-2011. Ketika itu ponsel pintar berbasis android/iOS masih mahal dan jarang yang pakai, saya waktu itu masih pakai motorola Q9h (windows mobile) jadi saya sering membaca buku teks lewat netbook tersayang. Buku teks ini sangat membantu ketika akan membuat makalah dan presentasi karena disana banyak gambar-gambar dan info yang tidak dimuat di halaman internet berbahasa Inggris sekalipun. Ingat waktu tingkat tiga, saya presentasi mengenai penyakit smallpox (disebabkan oleh virus Variola), dari sejarah hingga ke pemberantasannya ada semua dibahas di salah satu buku teks khusus virus patogen manusia! Lengkap dan komprehensif sekali pokonya. Inspirasi untuk KTI tentang sputum smear pun saya dapatkan awanya dari membaca buku teks. Gambar-gambar di dalam buku teks digital juga sangat berguna untuk tambahan di laporan praktikum.

Gimana cara dapet bukunya?

unduh alias download. Tidak ada laman spesifik untuk unduh buku-buku ini, selama kalian menelusuri tautan yang didapat dari mesin pencari, terus saja cari sampai dapat tautan terakhirnya. Memang sih, butuh skill khusus untuk mengunduh file-file buku teks ini. Kemampuan membedakan tautan palsu atau asli serta koneksi internet yang baik sangat dibutuhkan 😅 Berikut contoh buku-buku teks digital yang berkenaan Ilmu laboratorium medis dan biologi yang saya miliki:

Bisa dibaca di mana saja?

Pasti pada pakai ponsel pintar atau jenis-jenis tablet kan? Mudah sekali, tinggal salin saja file yang telah diunduh dan buka melalui file manager, klik, dan poof, buku teks muncul di layar 😀 Namun memang ukuran file buku teks yang penuh gamabar-gambar termasuk besar. Untuk ponsel/tab yang spek nya pas-pas an, harus lebih bersabar yaa. Buka lewat laptop/netbok lebih baik karena layarnya lebih lebar dan loading yang lebih cepat 😁. Kalau sekarang saya pakai iPhone 5c, buku teks full colour ukuran 180mb bisa dengan mulus dibuka dan dibaca ko, heheh. Meskipun saat ini pendidikan analis kesehatan di Indonesia masih terbatas pada tingkat teknisi (DIII), kurikulum dan proses pendidikannya pun memang lebih ditekankan ke ilmu praktis atau praktek karena kebutuhan di lapangan. Tentang konsep pemeriksaan laboratorium medis, bakteri/virus patogen, reaksi-reaksi imunologi memang diajarkan namun hanya di permukaan dan tidak diberikan suatu ilmu pengantar. Sangat terasa oleh saya yang sekarang bekerja di industri life science, kemampuan analisis dan konsep yang lulusan universitas top Indonesia memang berbeda, hehe. Namun jika suatu saat di Indonesia telah didirikan S1 Ilmu Laboratorium Medis, kalian yang membaca tulisan saya ini harus benar-benar bisa berfikir secara konseptual dan sistem ya, agar suatu saat profesi ini tidak selalu seolah-olah dibawahi oleh bayang-bayang spesialis patologi klinik dan lulusan bertitel sarjana lainnya. Mari terus sama-sama belajar 😃👍

About feriyadiramen

An INTP long life learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: