Sehatkan Otak dengan 4 Cara Tak Terduga

Dapat artikel ini dari kliping berita harian di e-mail kantor, ternyata semua poinnya cocok sekali dengan apa yang selama ini saya coba lakukan. Senang juga sih, ternyata selama ini usaha saya sudah menemui jalan yang ‘benar’😀 . Terutama yang poin satu, benar-benar tidak terduga hobi saya selama ini nonton video acara-acara NHK World: Somewhere Street, Satoyama, Seasoning the Seasons, serta dokumenter menarik lainnya selain produksi NHK memang membuat saya menjadi lebih menikamati hidup (alah bahasanya). Berikut kutipan artikelnya:

Sehatkan Otak dengan 4 Cara Tak Terduga

<http://health.liputan6.com/read/645618/sehatkan-otak-dengan-4-cara-tak-terduga>
Liputan6.com, Jakarta : Semakin tua usia seseorang, semakin rendah pula kemampuan otak untuk menyimpan memori. Banyak orang menganggap ketika seseorang menjadi tua, ia akan mengalami kepikunan. Hal itu memang benar, namun Anda dapat melatih otak Anda agar tetap sehat.
Kemampuan otak tidak hanya dapat dilatih dengan melakukan teka-teki silang ataupun hal-hal yang berbau dengan pengetahuan saja. Ternyata, ada hal lain yang tanpa kita duga juga dapat membantu meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori. Berikut 4 hal yang mampu mencegah otak kehilangan memori seperti dilansir The Huffington Post, Senin (22/7/2013):
1. Menyaksikan film dokumenter tentang alam
Sebuah studi terbaru menyatakan bahwa film dokumenter tentang alam dapat mengurangi stres dan orang yang menyaksikannya memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Sebuah percobaan yang telah dipulikasikan dalam jurnal PLoS ONE juga membuktikan bahwa orang yang menyaksikan film dokumenter tentang alam memiliki skor lebih tinggi pada tes kemampuan bahasa dibandingkan dengan orang yang melakukan permainan olah otak lainnya.
2. Menurunkan kadar kolestrol
Ternyata, kadar kolestrol dalam tubuh juga dapat memengaruhi kemampuan otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang lebih berisiko mengalami alzheimer dan demensia bila ia memiliki kadar kolestrol yang tinggi. Oleh karena itu, Anda dapat mengurangi risiko tersebut dengan cara mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh Anda.
3. Merawat gigi
Percaya atau tidak, apabila Anda sering melakukan perawatan gigi dan gusi, secara tidak langsung pikiran Anda juga menjadi lebih sehat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa perawatan kesehatan oral terkait dengan risiko demensia. Para peneliti juga menyarankan agar Anda menggosok gigi setiap hari. Sebab, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa orang yang tidak rajin menggosok gigi memiliki risiko lebih besar terkena demensia.
4. Minum teh hijau
Sebuah studi yang telah dilakukan pada tahun 2012 menyatakan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kemampuan kognitif, terutama pada pria. Beberapa studi juga menemukan teh hijau dapat melindungi Anda dari penyakit alzheimer dan memiliki dampak positif terhadap pikiran.

 

About feriyadiramen

An INTP long life learner

2 comments

  1. hi aa selamat sore dari putri di solo, salam kenal heuheu😀
    ak MLT juga loh, btw postingannya keren keren ih. apalagi yg bs sampai ke JPN itu bikin envy:/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: