Acara Televisi NHK World: Science View

Sejak menemukan tautan tempat mengunduh hasil rekaman acara-acara NHK di suatu laman web, saya jadi sangat tertarik dengan salah satu acara yang baru saja saya tonton, yaitu Science View. Langsung saja acara ini menjadi salah satu fovorit saya selain beberapa yang sudah duluan menjadi favorit seperti Somewhere Street. Kenapa? Karena acara ini betul-betul sangat mengupas sisi kemajuan sains dan teknologi yang ada di Jepang. Mulai dari sains ilmu kesehatan, pertanian, hingga teknik.

Laman web resminya bisa diakses disini http://www3.nhk.or.jp/nhkworld/english/tv/scienceview/index.html .   Beberapa episode telah saya unduh dan tonton. Salah satunya episode penemu iPS Cell, Prof. Yamanaka Shinya, juga episode ‘virus herpes yang diprogram ulang sehingga menjadi pemakan sel kanker’. Ilustrasi gambar, animasi, permodelan tiga dimensi, hingga hasil tampilan pada mikroskop super canggihnya membuat saya kagum dan sangat suka acara sains ini. Betul-betul acara khas Jepang yang lengkap dengan animasi dan gambar-gambar sehingga mudah dimengerti oleh penonton yang mungkin orang awam sekalipun.

Sebagai negara industri dengan riset yang sangat maju, memang tidak aneh lagi jika terdapat acara seperti ini. Saya hanya sering berandai-andai, apakah bisa negara saya membuat acara seperti ini? hehe, sepertinya mungkin saja, hanya harus sangat-sangat berusaha. Salah satu yang bisa saya lakukan adalah mengluarkan seluruh ‘kemampuan’ saya di industri yang sekarang agar kelak bisa bersaing kuat dengan industri negara maju🙂

ワクチンの製作者に働くから、一所懸命がんばろう!

berikut beberapa gambar yang saya ambil

(credits to: NHK World, Science View)

20120510 Science View[21-34-23] 20120510 Science View[21-36-38] 20120510 Science View[21-36-50] 20120510 Science View[21-37-06] 20120510 Science View[21-38-56]

About feriyadiramen

An INTP long life learner

Leave a Reply

