Buat SCKC/SKKB dengan Sidik Jari

Akhirnya harus bikin lagi surat begini. Dulu sudah pernah buat, dengan tujuan ‘melengkapi syarat masuk perguruan tinggi’ . Kalau yang dulu buat SKCK/SKKB nya sampai Polsek Kota saja, yang sekarang beda, jadi sampe Polres Kota.

Sebelumnya kita samakan persepsi tentang SKCK dan SKKB. Setelah saya bertanya ke ibu polisi yang bertugas di Polsek Cicendo, katanya sama aja, hanya beda istilah:

SKCK = Surat Keterangan Catatan Kepolisian (menurut saya ini yang bener, terbukti di kepolisian pakenya istilah ini)

SKKB = Surat Keterangan Kelakuan Baik (kalau saya nakal gimana? ahahahha)

Proses buatnya pasti udah banyak yang tahu kan, secara ini surat sakti bener-bener kalau diminta harus ada. Untuk buat baru:

1. Surat pengantar dari RT lanjut ke RW

2. Surat pengantar dari kelurahan/desa , surat dari RT-RW ditukar disini

3. Surat pengantar dari kelurahan/desa dicap dan dicatat di kantor Kecamatan

4. Lanjutkan ke polsek atau polres

Jangan lupa siapkan :

1. pas foto sebanyak2nya (persiapan), mulai dari 3×4 dan 4×6 , yaa bawa minimal 6-7 lembar lah untuk masing-masing ukuran.

2.Bayarnya untuk administrasi di polsek/polres Rp 10.000 , ga tau kalau ada yang beda?

3. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP , yang  banyak aja bawanya

SKCK dengan sidik jari

Nah untuk yang sekarang saya buat baru yang ada sidik jarinya. Untung udah pernah buat SKCK di polsek, jadi saya tinggal bawa salinan SKCK yang sudah dilegalisasi, salinan KK, KTP. Jadinya dari polsek diberi keterangan pengantar untuk buat SKCK dengan sidik jari.

Sampai di Polres Bandung, saya langsung ke bagian sidik jari (masuk ke lorong deket pembayaran tes nyetir SIM A). Disini liatin aja pengantar dan surat lainnya, nanti akan diberi lembaran untuk diisi biodata dan dicap jari.

Ruangannya klasik, terkesan jadul, jorok, dan banyak asap mengepul hahahah. Giliran saya dicap, jari semuanya hitam, terus disuruh lap pake kain yang udah kotor item ga jelas. Disini bayar Rp 10.000 langsung ke petugas yang tukang nyatet.
Lanjut ke bagian intel, atau tempat bagian buat SKCK (di luar, mengahadap ke jl.Jawa). Berikan surat-surat kelengkapan, lalu akan diberi formulis lagi, dan kembali mengisi.. Sudah lengkap, berikan lagi, dan bayar lagi Rp 10.000.

Dijanjikan untuk selesi besok (Tanggal 2 November 2012)

Keesokan harinya…

Perlihatkan KTP kita, nanti diambilkan oleh petugas SKCKnya. Langsung fotokopi untuk cadangan, saya fotokopi di dalam polresnya, otomati muahaall per lembar Rp 400 cuy, saya bikin 10 lembar. Balik lagi ke bagian SKCK untuk dicap legalisasi. Tadaaa… selesailah🙂

About feriyadiramen

An INTP long life learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: