Periksa ke Dokter THT itu Enak

Kemarin sore, saya akhirnya membulatkan tujuan dan niat untuk periksa ke dokter spesialis THT setelah kurang lebih 3 tahun ga diperiksa (males dan takut mahal, doh)

Keluhann utamanya suka keresek2 kalo denger suara kenceng (entah berapa desibel). Contoh: suara speaker yg  trlalu keras (acara2 musik,ceramah masjid), suara knalpot motor alay (tau motor alay? Pokonya saya kategorikan semua motor yg suaranya knalpotnya ga normal), bahlan suara riuh kalau lagi ribut di kelas dan bicara dgn suara kenceng.

Saya pilih ke kimia farma pajajaran, sekalian ke markas nyi echi blorong ngambil sepatu dsb. Yang saya suka dan memang salah satu pertimbangan adalah,ga pake lama! Kebayang kalau ke RS negeri yang pelayanannya super lama dan takut “teu baleg” gara2 ngantri pasien kebanyakan? Atau RS swasta yang hawa2 bayarnya mahal? Saya tidak dapatkan di praktek dokter yang bareng sama apotek kaya gini… pas datang, langsung bilang mau ke THT, eh ternyata baru banget datang dokternya (jam 5sorean), langsung masuk deh.

Didalem ruangan, saya jelaskan keluhan, langsung diintip sama dokter (dr.Agus/Agung ato siapa ya, lupa :p). Katanya mah ga apa2, cm kotor dikit. Akhirnya dibersihkan, disemprot pake ait hangat. Rasanya itu…(sambil merem dan terbang melayang) ngeunaheun alias enak banget. Pas disemprot ada sensasi “bummm” kaya nyelem. Beberapa kali dokternya tanya “pusing?”, jawab “engga” (malah ngeunaheun, Dok!) Terus udahnya dikorekin pake alat panjang, pas dimasukin si dokter bilang “siap ini agak dalem ya masuknya” dan sensasi plok molongpong legaa dan wow terasa seketika.

Udah beres akhirnya dikasih resep dua obat dan dijelaskan kenapa2nya. Ada kemungkinan syaraf yang terganggu, karena dari kondisi lubang sampe gendang normal2 saja (sukur deh). Tapi ga tau kalau bagian dalamnya, dicoba dulu dikasih obat ini (ngaruhnya ke syaraf di telinga, katanya). Kalai ga ada perubahan disuruh dateng lagi buat periksa fungsi pendengaran atau bahkan alergi. Alergi? Katanya mungkin karena saya suka haciw2an atau bersin di pagi hari, pencetusnya bisa debu dsb. Tapi meneketehe alergi apa, ampir tiap pagi suka bersin2, bahkan waktu saur suka meler ngucur si air dari hidung sambil bersin sambil makan walhasil ngacleng tuh semua makanan di mulut.

Ke kasir, bayarnya…. deng deng deng
Dokternya 85rb, obatnya 54rb, jadi 139rb. Yahh namanya ke spesialis ga ada yang murah kecuali ke RS negeri ya. Tp hemat waktunya itu lho, dan ga usah nebus sendiri obatnya. Ini keunggulan apotek sama praktek dokter, si pasien “dipaksa” beli obat. Ada enak engganya… tapi kalau kaya saya (ngarti dikit medis da ankes tea) ga akan semua nurut kayanya :p. Kaya waktu cabut gigi, disuruh beli obat anti nyeri sama pemercepat pembekuan, langsung tanya “berapaeun itu dok?” Jawab “40 ribu mreun”. Langsung di dalam hati “ogah ahh” ahahajaha, selama ga ngerasa sakit dan yang penting si bekuan darah tetep stand by di posisinya ga perlu pake obat2 lah. Da ga punya kelaian pembekuan darah ieu..ahahaha. akhirnya mah ga dibeli tu obat dan saya baik2 saja gitu.
Beda kalau yg obat THT ini, gara2 teu ngarti jadi weh dibeli juga :p

image

Si obat “Ceu Rini” Cerini dan Lapibal.
(Emang harga dua obat ini 54 ribuan ya?)

About feriyadiramen

Long life learner. 花見を見たい。 バイオ特殊スタッフになります。

11 comments

  1. wiwi

    itu teh sakit apa?
    kalo dahak nu hese kaluar kumaha a?
    di sumedang dmn nya dokter spesialis THT?

  2. salam …

    ilmu kedokteran kepada Dr.Kris rencana yang melihat tulis di sini. sekarang berumur 21 taun saya hidup biasanya berganti nama m arief l berstatus before effort… nah ada yang ingin bantuan dokter pak, pikiran saya anaknya cerita tentang penyakit buat tanggapan tulisan panjang dibawah

    saya kemarin pakai alat bantu dengar (ABD) ada (sebelum ABD pakaian tidaknya) yang dari sewaktu ini kemaren dengan teman mereka hampir (memenuhi syarat keluarbiasa) dilakukan bicarakan terdekat saya alat dengar bertelinga dua ini dapat menangani hanya bising mulai lagi saya nggak pada paham mengatakan tidak tahu malu dibicarakan (normal) kita berpakai bagaimana caranya sulitnya dengan saya kebingungan karena buah hati pecah sekali. saya bisa menyatu orang teman aku terdekat benar bicarakan angin (normal) informal berbahasa indonesia kata. alat bantu dengar (ABD) saya bersuara bising tidak tahu dibicarakan angin sifatnya merusak kita berpakai tak sempurna sekali
    saya masih alat bantu dengar (ABD) ini bisa menangani bertelinga dua hanya bising (lebih jauh 12 meter karena normal ) keluargaku berbicara dari waktu saya alat berdengar hingga 1-2 bulan sudah susah mati akibat alatnya saya bersuara dua tidak ada dicukup. besoknya hari saat sore ini keluargaku pergi pemeriksa dari diruang alat bantu dengar (ABD) alat susah berulang samasekali (dijual surat kecil keterangan 1-2 tahun lama belum habis kalau memuat 1-2 tahun sudah habis dijual bisa termasuk alat bantu dengar 1 mahal + berhadiah gratis alat bantu dengar 1 peruntuk tidak bayar adalah dua alat) dari saat 2 kali bisa selesai alat bantu dengar kebetulan dibuat uang beberapa jumlah RP.10.000 (sepuluh ribu rupiah) saya uang sendiri sudah memberi (ABD pasti dengan saya crying)
    saya teilnga kiri dan kanan tidak ada buat alat bantu dengar (ABD) ini yang dibiarkan dari waktu jam waktu siang pusing pasti dengan saya jeda dan tertidur adalah kamar tidur akibat sehingga berpusingkan kepala, gangguan pendengaran saya lagi melamun dulu dan nonton tv ibuku mertawa dengan saya tidak ada tawa akibat berpikir ke otak
    alat bantu dengar (ABD) saya bertelepon coba dari waktu mengatakan paham tidak tahu suaraku apa akibat (sound nada) aneh

    sesaat ke maka selamaaa kemudian bagi berumur hidup baru bayi saya biasanya 1-2 tahun, lubang bertelinga dua nyeri dengar tidak bisa saya (dilahir) karena bawaaa ke tunarungu (aku karena infeksi teilnga kiri dan kanan tidak ada) memperkirakan suara kiri berkurang 80 dB dan kanan berkurang 90 dB kedua sama dengar suara tidak ada lebih kecil 3 meter sedang sampai berat, sehingga berumur 6-7 taun adik saya biasanya mendenging telinga pekak apabila selama ini musik yg saya dengarkan melebihi batas. Tapi saya tidak suka mendengar musik rock. saya suka mendengar keras musik R&B atau genre dance dengan piano, apabila itulah yg membuat telinga kiri berkurang pendengarannya saya secara tiba2 Apakah dB musik favorit saya itu sudah cukup/malah melebihi batas ?
    saat setelah sampai berumur hidup adik putra saya biasanya 10-11 taun, dari pada waktu malam pukul 9.00 dengan hidup saya jeda dan tertidur dari waktu satu kali sudah habis pagi ini pukul 8.40, bangun tercepat saya karena jantung tiba-tiba (pendengaran yang berat secara dapat gangguan), saya takut sekolah marah dipastikan keterlambatan
    saat setelah sampai berumur hidup anak saya biasanya 12 tahun kemudian pendengaran (tunarungu) yang berenang aku tidak bisa pandai (kalah) akibat terjatuh bisa tidak menghampiri dari lantai satu tempat parameter dibawah luas buah ber-air lebih tinggi Yg berwarna blue dengan kepalanya aku akibat terjatuh dibawah bisa berenang/air karena telinga kemasukan ber-air kiri. berkepala saya semakin pusing bisa nggaknya sembuh jadikan telinga kedalaman air kiri. dari pada waktu malam saya terbangun tidur tidak bisa karena telinga kedalaman sebelah (air) kiri dengan ke otak menjadi sedang sakit kecil. (saya tidur semakin takut) kenapa ya dokter pak ?
    saat setelah sampai berumur hidup saudara saya biasanya 14-15 taun sudah keluar gula-gula kapas dan air minum + berobat2, merokok ditiupan angin akibat asap sering kali berhenti menutupan kemarin saya berkelanjutan yakin dan pertama sebelum keluar cairan bisa masukkan makanan bercampur termakna konsumsi saya ,siapkan aku ingat mengeluar cairan dah yang apakah pada tanggal sudah bulan berapa satu sampai kedua ??
    saat setelah hingga berumur hidup abang tinggi saya biasanya 16 tahun kemudian, sejak saya masih pada sehari jumat masjid mewah dalam dengan saya dulu melihat bermata dua di masa depan lebih jauh yang saya dulu pendengaran suara akibat hening adalah tempat pidato itu dari waktu ini, maupun sholat sudah habis pulang lagi sampai kanan ditanah berjalan saya sendiri dari kiri dijalurkan berwarna hitam Yg adalah kendaraan bermobil menyetiran kondisi saat itu dengan awal saya masukkan menjalan kiri dijalurkan belum kembali dirumah kiri dua Yg adalah kecelakaan disertai pertama mobil akibat tabrakkan benar saya terkejut aku bertahan menangani karena tidak terluka (saya telinga dua tunarungu dengan sebelum alat bantu dengar tidaknya) mobil begitu dia (si orang ayah) sedang murka (angry) dan pendengaran mengatakan tidak tahu saya takut karena saya bisa berbicara pandai kecil dari Bintaro Setalan

    (1).aduuh!! dikarenakan gendang telinga kanan dan kiri satu2nya saya robek. Saya tidak tahu persis penyebab robeknya gendang telinga saya dan kapan awal robeknya ?
    (2)saya mau bertanya dokter pak kalau saya sudah termasuk tuli berat, apakah pakai alat bantu dengar bertenliga dua bagaimana cara mengobatinya ? Apakah bisa penurun lagi pendengarannya menjadi normal dB ?
    (3).saya mau bertanya dokter pak ketahui : apakah alat bantu dengar (ABD) ini yang jual-beli totalnya pakaian beberapa berharga bahaya ??
    (4).sekarang saya biasanya berumur 21 taun memuat sebelum operasi telinga nanti dengan rumah dokter ahli spesialis THT, saya mau bertanya persis penyebab cara bagaimana dokter pak ketahui : apakah tingginya atau umumnya biasanya gendang telinga (tunarungu) sesudah operasi telinga kedalaman bocor minum berobat tetes tiap hari karena cepat sembuh pendengaran suara ada lebih jauh 12 meter menjadi normal bisa menyimpan lama-kelamaan yang pada usia bertambah memanfaat karena tua benar atau ??
    (5).aku mau nanya dokter pak : kalau apakah tingginya atau umumnya operasi telinga kedalaman bocor saat sesudah sehat segera bawaa menempuh dijalan masuk proses dengan usaha bisa ?
    (6).saya berpikir takut mau nanya dokter pak : apakah kebiasaan di bidang bagian umumnya karena gangguan pendengaran akibat kekerasan + kejahatan psikologi persis penyebab cara ??
    (7).tapi, aku mau bertanya dokter pak biaya operasi telinga bersatu berapa total ? saya malu banget tidak punya biaya penurunan akibat poor ekonomi kerusakan, saya mohon jangan mahal tidaknya pak ?

    oh ya,masih teman aku dari di internet mencari dengan blog.com ini ada di dalam tentang yang sebagian orang berumur 24 taun dia saudara ipar biasanya (laki-laki) pertama dilahirkan di MALAYSIA sudah kampus ilmu akademik pendidikan AL-TNI indonesia karena pendengaran (tuli) operasi setelah berumur 16 taun MALAYSIA telinga kedalaman bocor kanan disuarakan ada nada rendah berkurang 50 dB lebih 8 meter Yg telinga kedalaman bocor akbiat sakit karena keluar darah berwarna merah, batuk dan pilek tenggorokan pada tiap memastikan sebelum bisa sehat/cepat sembuh . :( soalnya saudara ipar biasanya mulai makan sama teman – teman (memenuhi syarat) malu banget itu mengapa dokter pak ber tanya ??
    cepat tidaknya sekali lagi terima kasih dok, atas bantuannya saya berharap dan menjawab banyak pertanyaan atas dari waktu dokter pak penulisan manual apa yang belum dilihat saya mata
    atas perhatian dokter saya ucapkan terima kasih banyak tolong sampai sebelumnya

    • asli ga ngerti ini maksudnya apa…

      • ah aduh!!, maaf aku salah satu ditulisan atas sepanjang sampai salah dok, tapi aku mau nanya dokter berlangung aku karena ke tuli kiri 80 dan kanan berkurang 90 sampai sedang berat yang sebelum kembali di rumah sakit dengan dokter THT,, ohya biaya di operasi berapanya dok ?…

        mohon maaf aku di buat salah sms atas yaa

  3. dina maskanah

    Ka wkt periksa telinga itu ke tht yang dmanna? Buka prakteknya dmana? Dina di daerah pasundan banndung. Skt telinga udah sminggu blm smbuh biasanya bberapa hari jg smbuhh. Ada yang ngehiung gt di korek malah sakit. :-(

    • itu kan udah saya tulis diatas neng…
      tp skrg tempatnya dibongkar, gtw tu dokternya lari kemana. Cari aj yg dket2 rumah kalo (uangnya banyak), kalo mw yg murah ke RS pemerintah tp kdu mau ngantri

  4. rangga

    Minta alamat nya dong

    • kimia farma jln pajajaran udah dibongkar, sekarang bl liat lagi udah jadi apa… banyak ko biasanya di tempat praktek bersama. Kalo mau ngantri silakan ke rumah sakit pasti ada deh tu dokter tht

  5. Rosse

    saya mau setahun lbh, agak sdkit brmasalah sm pndengran. sama takut mahal dan segala macem, saya belom coba periksa. setelah bca pngalaman mba di sini saya berniat ke tht jg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,884 other followers

%d bloggers like this: