Satuan Konsentrasi Larutan

Ini adalah seri tulisan saya yang disalin dari buku-buku teks. Kali ini tentang kimia dasar, ditulis karena “kekurangsukaan” saya terhadap kimia murni. haha

Pada ilmu kimia klinik, substansi yang ada pada cairan biologis dapat diukur kadarnya (contoh: serum, plasma, urin, cairan tulang belakang/cerebrospinal fluid). Subtansi yang larut dalam cairan disebut solut; dalam ilmu laboratorium sains, solut biologis dikenal sebagai analit. Si cairan yang didalamnya ada solut yang telah terlarut – pada hal ini, cairan biologis – disebut solven. Secara bersama, itu semua mewakili suatu larutan. Larutan kimia atau bilogi dideskripsikan oleh ciri-ciri/keterangan dasarnya (basic properties) seperti konsentrasi, saturasi,  keterikatan dengan unsur/senyawa lain, potensi redoks, konduktivitas, densitas, pH, dan kekuatan ionik.

Konsentrasi analit dalam larutan dapat diungkapkan/diekspresikan dengan banyak cara. Biasanya, konsentrasi diekspresikan sebagai persen, molaritas, molalitas, atau normalitas. Perlu diingat bahwa satuan internasional untuk jumlah substansi adalah mol.

Berikut saya rangkum penjelasan dari buku:

 1. PERSEN

• Satu dari 100 bagian/unit total

• Terdiri dari tiga macam:

  1. w/w (weight per weight, berat per berat)
  2. v/v (volume per volume, volume per volume)
  3. w/v (weight per volume, berat per volume)

Untuk larutan yang menggunakan v/v , direkomendasikan untuk menggunakan gram  per desiliter (g/dL)  sebagai pengganti persen % (v/v)

2. MOLARITAS

• jumlah mol per 1 liter larutan (mol disini itu molekul, jadi misal bayangkan 1 molekul ada dalam 1 liter air atau larutan)

•  Satu mol materi atau substansi = berat gram molekulernya (inget kimia jaman SMA deh, berat molekuler relatif atau Mr, ada di tabel periodik yang beli di tempat potokopian…ckck)

• Representasi satuan internasional untuk molar adalah mol solut (jumlah molnya si solut) per volume larutan (dalam satuan liter). Contohnya:

–          Mol per liter (mol/L)

–          Milimol per liter (mmol/L)

–          Nanomol per liter (nmol/L).

Namun istilah konsentrasi molaritas ini belum diadopsi oleh SI untuk menyebutkan konsentrasi (liat aja nilai-nilai pemeriksaan  lab klinik di Indonesia, masih jarang bahkan mungkin belum ada yang pakai satuan  molaritas ini, yang saya tau banyaknya di Amerika Utara  dan Eropa).

3. MOLALITAS

Ayo bedakan L dan R-nya ya, yang cadel ayo latihan keras nyebutinnya (hehe,bercanda)

• jumlah mol per 1 kilogram pelarut

• berat per berat = mol per kilogram

Intinya molalitas ini sama kaya molaritas, cuma bedanya ini BERAT per BERAT. Tapi jarang dipake juga sih

4. NORMALITAS

• berat gram equivalen per 1 Liter larutan

• sering dipakai pada proses titrasi kimia dan klasifikasi reagen kimia (di botol2nya tea..)

• berat equivalen = berat gram molekuler dari substansi, dibagi dengan valensinya

• Valensi = unit angka yang dapat menyatukan atau memisahkan satu mol ion hidrogen untuk asam, ion hidroksil untuk basa, dan sejumlah pertukaran elektron pada proses reduksi oksidasi.

•Di laboratorium klinik satuan ini digunakan untuk menyatakan nilai elektrolit seperti natrium [Na+], kalium [K+], klorida [Cl] (Jadi inget kata Bu Nani dosen kimklin, beliau bilang kalau nulis/bilang ion natrium dll ga usah disebut/ditulis ion Na+, ion K+, ion Cl , cukup ion Na atau Na+ saja. Apakah hal itu benar? Belum menemukan kebenarannya)

Satu lagi, jaman sekarang ga cukup cuma baca buku-buku teks berbahasa Indonesia, soalnya bahasa Inggris jauh lebih banyak, lebih lengkap, dan lebih menarik.  Jadi di tiap posting saya menyisipkan kosa kata baru, saya pakai kamus Oxford untuk kali ini:

SOLUTION = 
n noun  (kata benda)
1. a means of solving a problem. Øthe correct answer to a puzzle.
2. a liquid mixture in which the minor component (the solute) is uniformly distributed within the major component (the solvent). Øthe process or state of being dissolved. 
3. archaic dissolution.

jadi… SOLUTION (noun) = LARUTAN (kata benda). Bukan cuma bahasa Indonesia aja yang homonimnya buanyak… English lebih banyak lho. Contohnya aja ini. SOLUTION = Bukan hanya solusi , hahahahahha

Seklan duluu, mau contoh perhitungannya? Cari di buka SMA kelas X juga pasti mirip-mirip ko🙂

Buku sumber:

Michael L. Bishop., Edward P. Fody., Larry E. Schoeff. 2010. Clinical chemistry : techniques, principles, correlations – SIXTH EDITION. Lippincott Williams & Wilkins: Philadelphia

About feriyadiramen

An INTP long life learner

2 comments

  1. boleh share….
    misal ada istillah 0,02 wt% artinya apa ya??

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: