Bikin Paspor Baru via Permohonan Online

UPDATE TERBARU 5 MARET 2014:

Harus mengisi alamat e-mail aktif, karena tautan untuk mengunduh bukti permohonan akan dikirim ke e-mail yang diisi di website. Hari gini ga punya akun e-mail

Bayar dulu ke bank BNI (setor tunai ke teller) sebelum datang ke kantor imigrasi, jadi bayarnya tidak lagi di loket kantor imigrasi.  Mungkin utnk mengurangi jumlah antrian di loket ya, karen abergabung dengan loket yang reguler.

Ehm, mau sedikit berbagi saja buat yang belum punya paspor dan berencana untuk bikin baru. Sekarang sudah bisa (udah lama mungkin ya?) permohonan online via website keimigrasian . Kalau dari homepage cari aja : “Permohonan Paspor Online”

Langsung saja ke tahapannya ya :

1. BUAT PRA PERMOHONAN ONLINE (22 MEI 2012)

Siapin dulu 3 dokumen penting : Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP. Bagi yang punya pemindai (scanner) bisa dipindai (di-scan) , tapi buat yang ga punya bisa difoto saja, asalkan kameranya mendukung macro mode. Semua kamera digital punya fitur ini, tapi kamera ponsel tidak semua punya. Pastikan tulisannya jelas ketika diperbesar ya🙂

Setelah 3 gambar/foto dokumen penting tadi siap, buka website keimigrasian: http://www.imigrasi.go.id

– klik “Permohonan Paspor Online”

– klik “Pra Permohonan Personal” , akan muncul:

JENIS PERMOHONAN: BARU – PASPOR BIASA (kalo mau yg lain silakan, mau yg TKI? hahaha)

JENIS PASPOR : 48H Perorangan

Di kotak di kolom sebelah kiri ga usah diisi kalo untuk yg biasa, sisanya yang kolom kanan, ngerti lah ya diisi apa? hehe. Kalau udah klik LANJUT, akan muncul:

tinggal diisi SESUAI KARTU KELUARGA yang berlaku ya🙂 , klik LANJUT :

Unggah dokumen foto/gambar KTP, KK, dan Akta Lahir disini. Yang lain ga usah kalau untuk buat paspor baru biasa, cukup 3 ini saja ya🙂

LANJUT

Selanjutnya akan muncul pilihan tanggal kedatangan untuk memeberikan dokumen kopian ke kantor imigrasi tujuan, tinggal pilih lokasi kantornya (tentunya yang paling dekat rumah dong, kalo saya pilih KANIM KELAS 1 BANDUNG), dan pilih tanggal kedatangannya. Pengalaman saya, jarak waktu pilihan ketikamelakukan permohonan online ke tanggal-H paling cepat sekitar 2 minggu , yaitu tgl 8 JUNI. lama juga ya? Iya mending lah daripada bolak-balik ke kantornya, lebih cape dan maless. Tapi akhirnya pilih tanggal 13 JUNI biar bareng sama temen.

Sesudahnya, kita akan mendapat file pdf , yaitu tanda bukti kita melakukan permohonan online. Simpan baik2, dan ketika mendekati tanggal H, jangan lupa diprint dulu untuk dibawa ya🙂

3. DATANG KE KANTOR IMIGRASI 13 JUNI

Ada beberapa dokumen  yang lebih baik disiapkan sebelum datang:
– fotokopi KK 1lmbr

– fotokopi Akta Lahir 1 lmbr

– fotokopi KTP, dikopinya bagian muka depan dan belakang di kertas A4, jangan digunting jadi bentuk KTPnya ya🙂

– Hasil print pra permohonan online

Ketika datang, lebih baik langsung ke kantin untuk beli : Map, Sampul plastik paspor, dan materai Rp 6000 . Harganya beda2 mungkin ya, kalau saya beli map+sampul plastik itu 10rb, materainya 7rb.  17rb deh😦

Map sudah ditangan, lanjut minta formulir ke loket formulir (tanya aja kalo ga nemu). Minta formulir untuk paspor baru biasa. Isi di tempat pengisian (biasanya ada tempatnya), ada dua surat yaitu: Surat identitas (yang kotak2 itu lho)  dan surat persetujuan yang pakai materai.

Lengkap diisi? lanjut ambil nomor antrian. Nah enaknya untuk yg online itu antriannya masih dikit. Saya aja datang jam setengah 11an, dapetnya nomor C11, sedangkan yang permohonan manual udah sampe A120 sekiann pokonya. Kasian ya org Indo, ada teknologi tapi warganya belum pada paham kayanya deh. Tapiiii, sialnya pas datang kesana si nomor antrian ga maju2 dari nomor C05 , gara2 si petugasnya keluar dan ga ada yang gantiin. Ada nunggu sekitar 20 menit lah. Baru deh dipanggil… (tetep yaaa INDONESIA)

Pas dipanggil, kita langsung kasiin dokumen kopi dan formulir yang diisi tadi. Sudah beres, besoknya disuruh datang lagi untuk pembayaran, foto, ambil sidik jari, dan wawancara.

KEESOKAN HARINYA 14 JUNI 2012

Wajib pake baju berkerah cuy

1.)  Langsung ambil nomor antrian untuk bayar dan wawancara, tetepp enaknya dibedain antara yang manual dan online🙂 yeaayy, dapet antrian nomor C06.

2.) Nunggu sekitar 10 menit dipanggil di loket untuk bayar, dipanggil, kasiin bukti setor dokumen, terus disuruh ambil dokumen yang kemarin di loket online/loket C. Balik lagi ke kasir, kasiin lagi bukti setor dokumen, tunggu dipanggil, bayar, dikasih bukti pembayaran deh. Bayarnya Rp 255.000,00 untuk paspor baru biasa ga kurang ga lebih

3.) Dipanggil untuk foto, ambil sidik jari, dan wawancara. Lumayan cepet lho, lagi2 karena daftar online🙂 . Fotonya wajib baju kemeja/berkerah lipat, kalo engga bakal dipinjemin baju2an, hahahhaha. Bisa pilih fotonya puas ato engga pula. Ambil sidik jari , lanjut antrian wawancara.

4.) Ditanya apa? alesan kenapa bikin paspor, bilang aja buat wisata. kemana? ga tau. rencananya? Singapur aja nu deukeut lah… jawaban saya tuh. Diliatin lagi dokumen2nya apakah benar atau tidak NAMA, TGL LAHIR, ALAMAT, KELAMIN. Udah beres, dikasih bukti tanda terima untuk ambil paspor tanggal 20 JUNI 2012 (satu minggu kemudian)

Yeaaaaayy, udah ngarep itu paspor diisi cap banyaakk negara🙂

pastinya Jepang harus ada cuy. もちろんよ! :)

About feriyadiramen

An INTP long life learner

11 comments

  1. godenismoe

    Gan, gmn klo bukti pra permohonannya gak bisa muncul? thx

    Like

  2. SAID

    neh pnya gw kaga mau muncul padahal uda ada adobe readernya??trus, apa gw harus bikin ulang neh??

    Like

  3. kalau gak muncul jika pada pendaftaran pertama dimasukan alamat mail ..maka pra pemohon akan dikirim di email tersebut dan dapt di download kemudian di print

    Like

  4. harus bawa dokumen asli gak gan?ato cuma fotokopiannya aja (soalnya akta kelahiran ku yang asli belum ketemu, tapi ada fotokopiannya)

    Like

  5. tararengkyu gan,infonya sangat membantu sekali

    Like

    • sama2. info terbaru pengalaman temen kantor: yang bikin via permohonan online, semua prosesnya bisa selesai dalam 1 hari (kasih berkas2, bayar, foto, wawancara)

      Like

  6. dane

    gan klo gak bisa pilih Tanggal kedatangan di kanim* ada muncul
    (-2: Saf not connected to other party)???

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: