Pengalaman PPSM Analis Kesehatan 2009

Setelah berakhirnya seluruh perjuangan dan pengorbanan saya, saatnya untuk mencurahkan semuanya. Saya akan buat per poin saja biar bacanya mudah.

Hmin1 (12 Agustus 2009)

  • Sore harinya setelah beres PPS Pusat(seluruh Poltekkes Bdg), cama-cami dikumpulkan di aula bawah analis.
  • Di aula kita diberi tugas tambahan dan pemeriksaan rambut oleh tim evaluasi(tukang marah2). Untungnya ni rambut udh 1cm lebih dikit(ga ridho). Tapi ada dua temen saya yg belum dipotong, jadi weh diresmikan sedikit rambutnya oleh evaluasi.
  • Tugas baru : Bufo Vulgaris(kodok) Jantan, urin ibu hamil 3 bulan, air mineral 1,5lt berlogo poltekkes
  • Langsung dibubarkan dan kembali menuju basecamp(rumah warga yang kita sewa selama 3 hari). Langsunglah saya beraksi untuk mencari tugas. Untungnya bibi saya sedang hamil, walaupun 5 bulan toh saya pikir urinnya sama aja. Langsung ke rumah bibi saya, ngambil urin, ngeprint, nyari kodok malem2!

H1 (13 Agustus 2009)

  • Harus kumpul pukul 03.00 di masjid depan kampus. Awalnya saya kira mau dimarah-marahin jam segitu, ternyata shalat malam…Alhamdulillah… Tapi cobaan “kantuk” yang luar biasa sulit dihilangkan. Itu gara2 kita cuma tidur
  • Teman saya si supriatno sampai ngagubrag+attahiyat sendiri ketika shalat malam.
  • Pagi2 setelah diberi sarapan nasi kuning, kita semua disuruh tidur sama orkes(tim olah raga&kesenian). Kita percaya aja karena orkes adalah panitia yang bikin kita senang dan bahagia. Ketika bangun…. datanglah para tim evaluasi sambil teriak2. Jelas kita semua shock, langsung ngumpulin tugas2 yg udh disuruh.
  • Talkshow Pengenalan Program Studi DIII Analis Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung bersama ketua jurusan Bapak Dr. Eri Triakumara. Saya semangat mengikuti talkshow ini karena ingin bertanay. Saya bertanya tentang perbedaan DIII analis kesehatan dengan S1 Teknologi Laboratorium(UNHAS) juga perbedaan dengan Analis Medis.
  • Kita disuruh mencatat talkshow ini di buku jurnal. Saya kira ini tugas untuk besok, ternyata dikumpulkan! Gimana ga kesel, jadinya cuma dapet nilai 68 gara2 catetannya kurang…*unfair*
  • Berkenalan dengan staff dan dosen2. Ternyata dosen2nya bareuki heureuy…. Ah ngke ngiringan heureuy sareng dosen2 ah….
  • Pukul 14.00 adalah waktu tim evaluasi beraksi. Datang, marah2, yang jadi korban dinaikin ke panggung. Kalau ketua&wakil angkatan sudah pasti jadi korban*malangnya nasib kalian*. Kita disuruh ngebela, tapi takut jadinya diem aja…hahahaha pengkhianat.
  • Jam kunjungan evaluasi adalah pukul 00.00, kita disurh baris. Tapi disuguhin bandrek+kue dulu…*hatur nuhun*. Udahnya di interogasi deh…saya disuruh jalan bebek dari tangga kebun yg gelap*terima dgn lapang dada, asal jgn ada main fisik panitia ke tubuh saya*
  • Tidur cuma

H2 (Jumat 14 Agustus 2009)

  • Bangun pukul 03.00(dahsyat ngantuknya)
  • 07.00an diperiksa tugas oleh evaluasi
  • Ada materi talkshow, dari siswa menjadi mahasiswa oleh ketua HIMA, kang Aziz Muslim ditambah ketua Sub Unit Perpustakaan, Ibu Atit Budiarti(yang sekarang nilainya 85&90 dong).
  • Shalat Jumat! Waktunya tidur… dari beres adzan~qomat tidur dengan pulas….
  • Kunjungan lab to lab. Asyik juga acara yang ini. Masuk ke lab mikrobiologi, parasitologi, kimia dasar, kimia terapan, kimia klinik, hematologi. Sedikit tahu tentang parasit yang ada di kasur, cacing2an, cara membiakkan bakteri, cek golongan darah. Sampe nyuntik kodok pake urin ibu hamil(tugas H1). *Saya nyobain nyuntiknya lho…menyenangkan hahahaha*. Tapi materi2 yang disampaikan terlalu cepat, jadi nyatet juga agak2 pabalatak
  • Tugas belanja hari ini bikin cape. Kita petugas belanja semua kelompok pergi ke borma. Saya ampe ngutang 100rb ke ketua angakatan. Ampe pulangnya nangkel di angkot. Belanja yang paling riweuh.

H3 (Sabtu, 15 Agustus 2009)

  • Terjadi konflik diantara kami dan tim evaluasi. Telah ditemukan barang bukti berupa kertas susunan acara dari kelompok 8. Kita disuruh membela, tapi lagi2 takut*gggrrrrrrr*.
  • Panitia lain juga kecewa kenapa sampai ada hal seperti itu. Lalu menyatakan tidak sanggup lagi mengurus kita dan digantikan oleh panitia hijau 3+. Merka adalah tingkat 3 yg sebentar lagi kan lulus. Dengan wajah yg belum pernah kami lihat sebelumbya, dengan kekuatan marah 10x lipat dari tim evaluasi.
  • Inilah ospek seperti ospek yg saya lihat di tivi2. Kita semua lari2, bari di tempat panas, didorong2, dibuat bingung. Yang jorok juga banyak. Makan bawang putih, jengkol. Megang lele dumbo. Dicolekin bedak kelly dan kecap. Gaya pesawat. Latihan tembak2an. Sekalinya dikasih minum, eeehhh AIR GARAM! Push up berantai dan didorong2 tapi harus tetap membentuk bola(yang main fisik ini yang memunculkan hasrat saya ingin lapor ke direktorat).
  • Semua siksaan 3+ akhirnya berakhir. Semuanya samdiwara dari mulai ditemukannya kertas susunan acara
  • Masuk aula dan ada talkshow dengan HIMA, KLIMAKS, BPM GAMA.
  • Main outbound kecil2an ke tiap pos. Tiap pos ada permainannya. Ada makan cicak(percaya? percayalah!), makan bawang(lagi), dicoreng moreng pake air gula+tarigu, telur pecah….aaahhh rieutt
  • Diliatin foto2 dari awal pra pps.
  • Malemnya ada motivasi lagi dari motivator biasa. Tapi kebanyakan pada tidur karena emang tunduh pisan.
  • Sidang kelulusan. Ada 8 tersangka. Kita mshwa baru harus membela teman kita. Tapi saya ga ngerti permasalahannya. Persidangan berlangsung alot. Tapi akhirnya semua luus juga(kalo ada yg ga lulus harus sidang beneran).

Hplus1 (Minguu, 16 Agustus 2009)

  • Semua ikhwan tidur di kelas. Saya bangun jam 02.30 , gara2 tiga hari bangun jam segitu. Temen2 masih pada tidur, ya sudah saya kencing weh. Tidur lagi walaupun posisi dan keadaan tubuh ga enak sama sekali
  • Pagi2 , senam riang. Bersih2, panitia minta maaf, kita juga minta maaf.
  • Banjur2an Pangeran Muda Baginda Kanjeng Iwa Kustyawan dibanjur full.
  • P . U . L . A . N . G

LANGSUNG TIDUUUUUUUUUURRR~~~~~~~~~

About feriyadiramen

An INTP long life learner

7 comments

  1. sepertinya berat sekali ya..saya cuma bisa bilang sabaryaa krna acarnya sdh selesaiyg semangat ya kuliahnya😀

    Like

  2. amin…memang harus tahan banting…udh ga bisa maen2 kaya SMA lagi. Harus bener2 bisa menguasai ilmu2nya…kebayang kan kalau kuliah tapi kerjaan kaya anak SMA?*nyontek, tidur2an, males, mabal,dll*

    Like

  3. ganti persepsi perm..gue udah bosen sama pemikiran jaman sma yang gila hormat..sekarang pengennya ngebina hubungan baik sama adik tingkat..

    Like

  4. Neneng

    kakak.. aku pengen masuk analis kesehatan juga.. tolong aku ya kak kirim balesan di email aku. 😦

    Like

  5. satrio

    kang seneng baca blog nya:)))

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: