TIPS-TIPS BERBURU HADIAH di RADIO

Setelah membaca tulisan saya sebelunya, tentunya ingin sekali kan dapat hadiah-hadiah dari radio????

Ok , sekarang saya akan berikan tips-tipsnya:


Kuis yang lewat sms:

  1. Punya daya kreatif yang tinggi. Karena dengan kreatifitas tinggi, kamu bisa mengalahkan orang-orang yang jadi pesaingmu. Terutama kalau pertanyaannya itu berhubungan dengan pantun, meneruskan cerita, atau pengalaman.

  2. Jangan menggunakan kata-kata standar seperti: fasilitasnya apa? ada apa saja disana? murah tidak? terjamin tidak? dan sebagainya. Gunakan kata-kata yang lebih “ngeuh” seperti : apa yang membedakan produk/tempat/resto ini dengan yang lain? Menu paling HOTnya apa? Fitur PEMBUNUH dari produk ini apa?

  3. Sebutkan nama asli+tempat tinggal. Peng-SMS yang nama+alamat yang kurang jelas bisa mempengaruhi. Contoh yang baik : Feri di GnBatu.

  4. Apabila kuisnya berupa pertanyaan untuk produk baru, berikanlah pertanyaan yang benar-benar menguak hal yang tersembunyi dari produk itu.

  5. Gunakan kata-kata yang berlebihan agar diingat oleh penyiar dan client mereka. Tapi terlalu menjilat juga tidak baik malah akan membuat sms kita diabaikan.


Kuis yang onair:

  1. Punya rasa percaya diri yang tinggi. Jangan pemalu dan janagn terlalu banyak diam saat kita onair.

  2. Kreatifitas. Tetap menjadi keharusan untuk membuat sesuatu yang berbeda dari orang lain.

  3. Suara yang jelas. Percuma kalau suara kita yang terdengar hanyalah gumaman atau karena sinyal HP jelek. Ada suatu kelebihan untuk orang yang mempunyai suara “empuk” atau enak didengar dibanding orang yang punya suara “kampung”(saya sering mendengar sepertinya orang dari pinggiran kota/kampungan suarnya itu sangat berbeda dengan orang kota yang rata-rata suaranya empuk.)

  4. Berani malu, berani gila. Ini hal yang penting, apalagi kalau penyiarnya itu sampai nyambung dengan omongan kita.

  5. Kalau tantangannya berupa tantangan BERNYANYI, tidak usah bersuara bagus(kecuali kalau ada syarat itu). Yang penting PD. Saya pernah menyanyi lagu YAMKO RAMBE YAMKO dan berhasil mengalahkan anak paduan suara UNPAD yang menyanyikan lagu sunda dengan sangat bagus.

  6. Kalau tantangannya berupa lelucon atau kita harus membuat kelucuan, buatlah sealami mungkin. Yang dibuat-buat akan tersa garinknya.

  7. Kalau tantangannya berupa pertanyaan yang berhubungan dengan interview yang sebelumnya diadakan, kamu harus memahami benar isi interviewnya. Jangan sampai susah-susah masuk dan onair, tapi gagal gara-gara tidak bisa menjawab pertanyaan.


Tips masuk ke line telepon radio:

Sebenarnya tidak begitu sulit untuk masuk ke line radio. Tapi tetap ada beberapa teknik dan cara yang ampuh untuk masuk:

  1. Simpan nomor telepon radio di phonebook hp. Jangan sampai kelabakan mencari nomor hp di yellow pages pada saat kuis dimulai.

  2. Re-dial dan re-dial. Jangan pernah berhenti me re-dial sebelum ada nada sambung atau kuisnya sudah penuh.

  3. Bersiap-siap sebelum si penyiar membuka kuis. Jangan sampai pindah frekwensi dan bersiap setelah lagu terakhir diputar.

  4. Perhatikan interview yang sedang berlangsung. Perhatikan apakah akan membuka kuis on air atau sms.

About feriyadiramen

An INTP long life learner

2 comments

  1. huaa , terimksh atas tips".a , berguna sekali ! >.< .n super menarik . dilihat-lihat walaupun agak samar" karna lg males pke kcamata inti.a kita harus PD (istilah lainnya mutusin urat malu) benarkah itu ???

    Like

  2. hahaha…betul sekali, yang penting kan menang. Ngapain mesti malu, toh ga bakal ketemu face-to-face….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: