PENELUSURAN MINAT, BAKAT, DAN POTENSI ITB

PENELUSURAN MINAT, BAKAT, DAN POTENSI ITB
(PMBP-ITB) 2009 TERPUSAT

Program Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi (PMBP-ITB) 2009 Terpusat (dahulu dikenal dengan nama USM-ITB Terpusat) ini bertujuan untuk mendapatkan mahasiswa yang mempunyai kualifikasi akademik dan kepribadian yang baik. Untuk keberhasilan di bidang pekerjaan, selain mempunyai kualifikasi akademik yang baik, kualitas dalam hal-hal seperti leadership, komunikasi, kreativitas, loyalitas, dan sikap-sikap lainnya sangat menentukan. Untuk mencapai hal tersebut, maka ITB senantiasa melakukan perbaikan dari segala aspek yang masih memungkinkan, yaitu mulai dari segi dasar dan prosedur penerimaan mahasiswanya hingga proses dan prosedur pembelajaran di ITB.

PMBP-ITB 2009 Terpusat terdiri atas tiga jalur ujian yang berbeda, yaitu :

  1. Jalur Sains dan Teknologi.
  2. Jalur Seni Rupa dan Desain.
  3. Jalur Bisnis dan Manajemen.

Berbeda dengan pelaksanaan PMBP-ITB 2009 di Daerah, PMBP – ITB 2009 Terpusat hanya akan diselenggarakan di Bandung. Ujian seleksi akan dilaksanakan dalam dua hari berturut-turut, tanggal 30 dan 31 Mei 2009.

TUJUAN

PMBP-ITB bertujuan memilih calon mahasiswa ITB yang memiliki kemampuan akademik, kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan potensi untuk dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikan program sarjana yang sesuai dengan minat dan bakatnya dalam batas waktu yang telah ditetapkan.

POLA SELEKSI

PMBP-ITB menyeleksi para calon mahasiswa yang diperkirakan dapat menyelesaikan pendidikan di ITB dengan hasil baik dan pada waktu yang telah ditetapkan.

  1. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut.
  2. Seleksi dilakukan secara serentak untuk semua jalur pilihan ujian. Calon peserta dapat memilih salah satu, dua, atau ketiga jalur ujian yang disediakan, asalkan dapat memenuhi semua persyaratan dari masing-masing jalur ujian.
  3. Hasil ujian tertulis merupakan penentu utama dalam pengambilan keputusan pada seleksi ini.

PENENTUAN BIDANG STUDI DI ITB

Pendidikan di ITB adalah pendidikan kesarjanaan yang memberikan penguasaan ilmu yang komprehensif disertai wawasan yang luas, dan dilengkapi dengan kesadaran akan pemanfaatannya, sehingga para lulusannya memiliki kemampuan dan naluri pengembangan dan/atau penerapannya, baik secara mandiri maupun dengan bekerjasama, termasuk kerjasama antar disiplin. Atas dasar itu, penerimaan mahasiswa di ITB, untuk semua jalur Ujian Saringan Masuk, dilaksanakan melalui penerimaan di tingkat Fakultas/Sekolah. Hal ini mungkin berbeda dengan beberapa universitas lain di Indonesia.

Pada tahun kedua, mahasiswa ditempatkan pada program studi yang diminatinya berdasarkan prioritas pilihannya, tempat yang tersedia, serta prestasi akademik yang dicapainya di tahun pertama perkuliahan. Kemungkinan bahwa seorang mahasiswa akhirnya dijuruskan pada program studi bukan pilihan utamanya dapat saja terjadi. Namun demikian karena pengelompokan program studi dalam suatu Fakultas/Sekolah didasarkan atas keserumpunan dan kontekstualitas keilmuan yang sama, maka perbedaan antara program studi yang satu dengan program studi yang lain di dalam Fakultas/Sekolah yang bersangkutan, tidak signifikan.

Selain itu lulusan pendidikan sarjana ITB disiapkan untuk menghadapi perubahan dan mengikuti perkembangan. Oleh karena itu setiap mahasiswa ITB jika menginginkan dapat mengambil mata kuliah dari program studi lain 10-30 % (tergantung pada ketentuan yang berlaku di program studi yang dimasukinya). Dengan demikian kesempatan untuk mengambil mata kuliah dari program studi yang menjadi pilihan utamanya tidak tertutup sama sekali, walaupun tidak sebanyak yang diinginkannya.

Dengan mempertimbangkan sistem pendidikan sarjana ITB tersebut, ITB menyarankan agar calon mahasiswa yang lebih menginginkan pendidikan vokasional, yaitu pendidikan yang lebih mengutamakan keahlian dalam bidangnya saja, atau hanya ingin masuk program studi tertentu saja, sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih untuk mengikuti pendidikan di ITB ini.

JADWAL KEGIATAN

Ujian seleksi akan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, tanggal 30 dan 31 Mei 2009, di Kampus ITB dan beberapa lokasi lain disekitar Kampus ITB, dengan jadwal pelaksanaan kegiatan sebagai berikut :

  • Penjualan Formulir Pendaftaran Peserta Ujian :
    • Waktu : Pertengahan April s.d. Akhir Mei 2009 (tentatif)
    • Tempat : Loket Direktorat Pendidikan ITB, Gd. CCAR-ITB lt. 1, Jl. Tamansari 64 Bandung
  • Pengembalian Formulir Pendaftaran Peserta Ujian :
    • Waktu : 20 s.d. 27 Mei 2009 (tentatif)
    • Tempat : Gd. Sasana Budaya Ganesha, Jl. Tamansari 73 Bandung
  • Pelaksanaan Ujian Seleksi :
    • Waktu : 30 dan 31 Mei 2009
    • Tempat : sesuai informasi yang tercantum di Kartu Tanda Peserta Ujian

JADWAL KEGIATAN

Ujian seleksi akan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, tanggal 30 dan 31 Mei 2009, di Kampus ITB dan beberapa lokasi lain disekitar Kampus ITB, dengan jadwal pelaksanaan kegiatan sebagai berikut :

  • Penjualan Formulir Pendaftaran Peserta Ujian :
    • Waktu : Pertengahan April s.d. Akhir Mei 2009 (tentatif)
    • Tempat : Loket Direktorat Pendidikan ITB, Gd. CCAR-ITB lt. 1, Jl. Tamansari 64 Bandung
  • Pengembalian Formulir Pendaftaran Peserta Ujian :
    • Waktu : 20 s.d. 27 Mei 2009 (tentatif)
    • Tempat : Gd. Sasana Budaya Ganesha, Jl. Tamansari 73 Bandung
  • Pelaksanaan Ujian Seleksi :
    • Waktu : 30 dan 31 Mei 2009
    • Tempat : sesuai informasi yang tercantum di Kartu Tanda Peserta Ujian

JADWAL PELAKSANAAN UJIAN

Ujian seleksi akan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, tanggal 30 dan 31 Mei 2009, di Kampus ITB dan beberapa lokasi lain disekitar Kampus ITB, dengan jadwal harian sebagai berikut :

Waktu

Sabtu, 30 Mei 2009

07.30 – 12.30

Psikotes

12.30 – 13.30

Pergantian naskah ujian

13.30 – 14.00

Tes Peta Bakat dan Kekuatan Individu

14.00 – 14.15

Istirahat

14.15 – 16.15

Kemampuan Seni Rupa

Waktu

Minggu, 31 Mei 2009

07.30 – 09.30

Tes Bakat Skolastik

09.30 – 09.45

Pergantian naskah ujian

09.45 – 10.45

Bahasa Inggris

10.45 – 11.00

Pergantian naskah ujian

11.00 – 12.30

Matematika Dasar

12.30 – 13.30

Istirahat

13.30 – 15.30

Kemampuan MIPA Terpadu

MATERI UJIAN

Ujian seleksi PMBP-ITB 2009 Terpusat dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, dalam bentuk ujian tertulis. Materi ujian seleksi bagi PMBP-ITB 2009 Terpusat meliputi 6 kelompok kemampuan, yaitu :

  • Psikotes : diikuti oleh seluruh peserta program.

Ujian ini berupa rangkaian tes untuk mengukur aspek-aspek psikologis yang diperlukan untuk evaluasi terhadap potensi calon mahasiswa.

  • Tes Peta Bakat dan Kekuatan Individu : diikuti oleh seluruh peserta program

Ujian ini menjabarkan bakat dan kemampuan individu calon mahasiswa, sehingga dapat ditelusuri minat dan bakat masing-masing calon mahasiswa.

  • Tes Bakat Skolastik (TBS) : diikuti oleh seluruh peserta program.

Ujian ini mengukur kemampuan dalam logika dan penalaran, sehingga dapat dievaluasi kemampuan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

  • Bahasa Inggris : diikuti oleh seluruh peserta program.

Ujian ini mengukur kemampuan dalam berbahasa Inggris, sehingga dapat dievaluasi kemampuan komunikasi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

  • Kemampuan Seni Rupa : hanya diikuti oleh peminat FSRD
      • Menggambar I : Ujian ini mengukur keterampilan Seni Rupa calon mahasiswa
      • Menggambar II : Ujian ini mengukur kreativitas calon mahasiswa
  • Kemampuan Akademik :
      • Matematika Dasar : hanya diikuti oleh peminat SBM dan peminat Sains dan Teknologi.

      Ujian ini mengukur kemampuan matematika dasar calon mahasiswa, berfungsi sebagai alat evaluasi potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa.

      • Kemampuan MIPA Terpadu : hanya diikuti oleh peminat Sains dan Teknologi.

      Ujian ini terdiri atas materi MIPA (mencakup Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) Terpadu. Berupa tes untuk mengukur potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa.

PILIHAN PROGRAM STUDI DI ITB

Sehubungan dengan telah terbitnya SK Rektor ITB no. 071/SK/K01/PP/2006, tertanggal 17 Maret 2006, tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, maka secara resmi, setiap mahasiswa baru diterima menjadi mahasiswa fakultas/sekolah terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu program studi serumpun dalam fakultas/sekolah yang sama, pada awal tahun kedua.

Penempatan mahasiswa di salah satu program studi serumpun di fakultas/sekolah di ITB, dilakukan oleh ITB sebelum masa perkuliahan tahun kedua dilaksanakan, berdasarkan minat mahasiswa, kapasitas program studi yang bersangkutan, serta tergantung pada prestasi mahasiswa di tahun pertama perkuliahan, bila kapasitas program studi yang bersangkutan lebih kecil daripada jumlah mahasiswa yang memilih program studi tersebut. Kemungkinan bahwa seorang mahasiswa akhirnya dijuruskan pada program studi bukan pilihan utamanya dapat saja terjadi. Namun demikian karena pengelompokan program studi dalam suatu fakultas/sekolah didasarkan atas ekserumpunan dan kontekstualitas keilmuannya yang sama, maka perbedaan antara program studi yang satu dengan program studi yang lain dalam fakultas yang sama, tidak signifikan. ITB menyarankan agar calon mahasiswa mempelajari sistem penerimaan mahasiswa baru ini terlebih dahulu dan dapat membandingkannya dengan sistem yang diberlakukan di perguruan tinggi lainnya.

Sebagai informasi tambahan, pada kurikulum 2008, ITB mulai memperkenalkan mata kuliah Mayor dan mata kuliah Minor. Dengan demikian, mahasiswa dari suatu program studi dapat mengambil mata kuliah di program studi lainnya, dalam jumlah terbatas. Pendidikan di ITB lebih diarahkan pada pendidikan kesarjanaan yang memberikan penguasaan ilmu yang komprehensif disertai wawasan yang luas dibandingkan ke arah vokasional yang terfokus pada aplikasi suatu bidang keahlian saja.

Berikut ini adalah tabel pilihan program studi, fakultas, dan sekolah yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa ITB.

KODE PILIHAN

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI

160

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), untuk peminat program studi :

161

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), untuk peminat program studi :

162

Sekolah Farmasi (SF), untuk peminat program studi :

163

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), untuk peminat program studi :

164

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), untuk peminat program studi :

167

Fakultas Teknologi Industri (FTI), untuk peminat program studi :

169

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), untuk peminat program studi :

165

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), untuk peminat program studi :

166

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), untuk peminat program studi :

199

Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), untuk peminat program studi :

168

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), untuk peminat program studi : (tidak ditawarkan di Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri )

190

Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), untuk peminat program studi : (tidak ditawarkan di sistem Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri )

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :

Direktorat Pendidikan ITB
u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa/Ketua Lembaga TPB
Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Tel./Fax. : 022-2508519, 022-2530689
E-mail : usmitb@pusat.itb.ac.id

About feriyadiramen

An INTP long life learner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: